Luar Biasanya Manfaat Pencak Silat, Bela Diri Asli Indonesia

 

Semakin hari, berita mengenai kriminalitas semakin banyak jumlahnya. Kejahatan yang dilakukan dengan aneka cara terutama di kota besar meninggi. Seperti misalnya kasus begal yang marak beberapa bulan lalu, sempat membuat masyarakat bergidik takut, apalagi Kaum hawa. Alhasil banyak wanita yang jadi takut pulang malam.

Namun bila Anda belajar olahraga bela diri yang juga warisan budaya asli bangsa sendiri yakni pencak silat, tak akan ada lagi rasa takut bagi wanita yang pulang malam.

“Pencak silat itu bisa memberikan sekuriti jasmani. Gadis yang ikut pencak silat nggak bakal takut pulang malam. Nggak takut sama begal-begal itu,” terang mantan Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Eddie Nalapraya dalam `Atraksi 1000 Pendekar dan Gelar Pangsi Betawi di seputaran Bundaran HI pada Minggu (14/6/2015).

Badan pun jadi lebih sehat dan bugar bila berlatih pencak silat, karena aktivitas ini bisa terjadi bila melakukan gerak fisik seperti kuda-kuda dan aneka jurus.

Pendapat serupa pun diungkapkan dokter spesialis kedokteran olahraga, Michael Triangto saat berbincang dengan Health-Liputan6.com beberapa saat lalu.

“Pencak silat itu bagus untuk wanita karena tidak membuat otot jadi besar. Meski berlatih bela diri namun secara fisik tetap dengan fisik perempuan pada umumnya,” ungkap dokter Michael.

“Seringkali banyak wanita yang mengaku ingin berlatih Muay Thai, untuk menjaga diri. Tapi kita sering lupa memiliki olahraga bela diri pencak silat,” tutur dokter Michael.

Sumber: Liputan6.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s