Usia yang tepat untuk belajar silat

Jakarta (ANTARA News) – Tidak ada aturan pasti mengenai usia yang tepat untuk belajar silat, namun guru silat dan aktor laga Cecep Arif Rahman berpendapat anak sudah bisa mulai berlatih silat pada umur tiga tahun.

“Ini berdasarkan pengalaman saya,” kata Cecep di Jakarta, Rabu.
Pesilat yang muncul dalam film “Star Wars: The Force Awakens” itu menjelaskan bahwa ada tahapan yang harus dilewati sebelum belajar bela diri.
Pada usia tiga sampai enam tahun, menurut dia, anak-anak dilatih melakukan gerakan bebas, yang penting mereka terbiasa bergerak secara aman.
“Misalnya latihan jatuh yang aman,” kata pria yang kerap mengikuti turnamen bela diri di luar negeri itu.
Ketika menginjak enam tahun, ia melanjutkan, anak bisa mulai diajari menghafal gerakan silat, namun belum dilatih menggunakannya untuk bela diri.
“Takut dipakai untuk menyakiti orang,” katanya.

“Umur 16 tahun ke atas, kalau sudah stabil, baru diajari bela diri,” kata Cecep, yang menjadi instruktur silat Panglipur di sebuah klub kebugaran Jakarta.

Pria yang aktif mengajar silat di Garut dan Jakarta itu menegaskan bahwa pencak silat adalah seni bela diri yang bebas namun aman. Dia mencontohkan, tidak ada larangan untuk menggigit lawan dalam silat.

Kendati demikian, pencak silat tidak boleh dipakai untuk tujuan mematikan. “Kalau bisa jangan sampai mencelakakan, cukup untuk melumpuhkan saja,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s