10 Olahraga Pembakar Kalori Terbaik

*Originally appeared in FitnessForMen.com

Olahraga terbukti sebagai aktivitas pembakar kalori yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama rekan-rekan. Bersama dr. Sophia B. Hage, Sp.KO, dokter ahli kesehatan olahraga dari FKUI, kami rekomendasikan 10 olahraga pembakar kalori terbaik.

Lari
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 896 kcal.

Berlari membakar kalori lebih banyak dari jalan cepat dan joging. Sering berlari juga bisa mempertegas definisi otot Anda. Berlari adalah olahraga ideal yang melibatkan seluruh bagian tubuh Anda – mulai dari betis, paha depan, perut dan otot-otot dada. Untuk pembakaran kalori maksimal, cobalah berlari di kecepatan 15 km/jam secara konsisten. Saran kami, cobalah berlari di ruangan terbuka seperti trail running atau di lingkungan perumahan agar makin banyak otot yang bekerja.

Sepakbola
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 490 kcal.

Sepakbola membuat Anda terus bergerak. Mulai dari jalan, joging, hingga sprint. Inti dari permainan sepakbola adalah Anda harus menjaga wilayah tertentu. Ini memungkinkan Anda untuk sering-sering balap lari. Anda juga akan joging mundur atau dari sisi ke sisi. Saat melakukan olahraga ini, tetap perhatikan kemampuan tubuh Anda. Jangan terlalu diforsir, Bung!

Lompat tali
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 616 kcal.

Para petinju melakukan lompat tali sebagai pemanasan. Lompat tali itu sederhana tapi efektif dan membuat seluruh tubuh bekerja, sekaligus meningkatkan heartrate. Lompat tali juga melatih koordinasi antara tangan dan mata sehingga Anda lebih fokus. Selain itu, lompat tali pun bermanfaat meningkatkan kecepatan tangan dan kaki. Sebagai referensi, cek latihan lompat tali Floyd Mayweather Jr. di YouTube.

Bela diri
Kalori  yang terbakar dalam satu jam: 371 kcal.

Tidak ada ruginya bila Anda ikut latihan beladiri. Bisa karate, judo, tae kwon do, maupun yang lainnya. Aktivitas yang membuat Anda bergerak cepat dalam berbagai cara bisa membantu membakar lemak Anda. Manfaat lain beladiri tentunya adalah bekal Anda untuk menjaga diri dari gangguan preman tengik di luar sana.

Meluncur di atas sepatu roda
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 560 kcal.

Olahraga ini pernah booming di era 80-an, bahkan menjadi salah satu tema film remaja yang pernah populer saat itu. Selain menyenangkan, olahraga ini ternyata efektif untuk membakar kalori, sekaligus melatih otot kaki dan berbagai bagian tubuh otot lain. Dalam menjaga keseimbangan saat meluncur dengan sepatu roda, Anda akan terkondisikan pada posisi squat berbagai posisi. Itu sangat bagus untuk otot inti tubuh Anda.

Berlari menaiki tangga
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 280 kcal untuk kecepatan rendah-sedang, 616 kcal dalam kecepatan tinggi.

Ini bukan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di gym. Tapi, Anda pasti pernah melihat para atlet berlatih menggunakan metode ini – berlari menanjaki tangga-tangga di stadion. Itu berarti gerakan ini dinilai efektif untuk membentuk otot dan membakar lemak. Gerakan menanjak berfungsi untuk melatih tubuh bagian bawah Anda sehingga dengan cepat bisa membentuk otot bokong Anda. Di samping itu, daya tahan tubuh Anda juga meningkat, sekaligus membakar kalori lebih banyak.

American Flag Football
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 560 kcal.

Anda ingat FFM Trial kami beberapa bulan lalu? Ya, American Flag Football yang kami coba di Senayan membantu Anda membakar kalori secara masif. Anda tidak perlu khawatir cedera karena ini berbeda dengan American Football. Anda hanya perlu merebut bendera dari pemain yang sedang memegang bola. Apapun posisi Anda, bertahan maupun menyerang, berlari dan berubah arah dengan cepat membantu Anda menurunkan berat badan.

Olahraga raket
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 511 kcal untuk tenis atau squash, 385 untuk badminton.

Olahraga raket, seperti tenis, squash, maupun bulutangkis, membuat Anda bergerak lalu berhenti terus menerus secara eksplosif. Itu adalah latihan hebat untuk membakar kalori. Agar lebih efektif, lakukan olahraga raket secara tunggal daripada ganda. Artinya Anda harus menjaga lebih banyak area lapangan dalam sebuah pertandingan.

Joging
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 490 kcal.

Joging secara konstan sangat baik untuk membakar lemak. Joging juga membantu Anda meningkatkan kebugaran kardiovaskular selain membantu Anda mengeringkan lemak dan memperkuat otot-otot inti. Kunci utama joging adalah jarak signifikan yang dilakukan secara konstan. Jangan memulai joging dengan sprint atau berlari karena Anda justru akan kehabisan energi.

Berenang
Kalori yang terbakar dalam satu jam: 406 kcal (gaya bebas), 336 kcal (gaya punggung), 371 kcal (gaya dada), 966 kcal (gaya kupu).

Manfaat terbesar dari berenang adalah menjaga kelenturan persendian Anda. Bila Anda akan berenang akhir pekan nanti, sematkan niat untuk berenang beberapa putaran. Memang, ini akan melelahkan Anda. Tapi, semakin sering Anda melakukannya, kemampuan Anda akan terus meningkat – seiring dengan kualitas kesehatan tubuh Anda.

*Dihitung berdasarkan berat badan 70 Kg.

Posted not from iPhone. iTypo, iApologize.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s